Kamis, Juli 02, 2009

Mengapa Ponsel Anda Lebih Kotor dari Toilet

VIVAnews - Virus telepon genggam memang tidak ‘seganas’ virus komputer. Tapi, tahukah Anda ponsel kesayangan Anda bisa menjadi ‘rumah yang nyaman’ untuk bakteri dan virus penyakit?

Menurut penelitian, ponsel adalah pembawa virus infeksi terbesar di rumah sakit. Karena itulah, sudah banyak rumah sakit yang meminta para pengunjung untuk mensterilisasi gadget miliknya dengan tisu basah khusus sebelum memasuki ruang-ruangan steril, seperti UGD atau ruangan bayi.

Dan, yang tidak mengejutkan, saat menelepon pasti kita melakukan kontak langung dengan ponsel tanpa memikirikan seberapa bersih telepon genggam tersebut. Bahkan, saat sakit pun, ponsel seperti tak pernah lepas dari tangan Anda atau terus menempel di telinga. Yang perlu Anda tahu, saku baju dan suhu panas tubuh Anda adalah lingkungan yang nyaman untuk perkembangan mikroorganisme.

Peneliti dari Universitas Ondokuz Mayis University, Turki, menguji 200 buah ponsel milik staf di Universitas atau orang awam yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasilnya, peneliti menemukan bakteri dan virus penyakit di setiap sudut, lekukan, dan sisi semua ponsel tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri Anda. Caranya, dengan secara rutin membersihkan ponsel Anda dengan tisu yang mengandung alkohol.

Selain itu, gunakan bluetooth headset saat menelepon untuk mengurangi kontak langsung dengan ponsel Anda. Tapi, pastikan Anda membersihkan ponsel sama hal dengan membersihkan keyboard komputer Anda.


disadur dari By Petti Lubis VIVAnews - Kamis, Juli 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar